BAB 1
1.
Pengertian Konsumen
Perilaku Konsumen adalah perilaku
yang ditunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang
atau jasa yang mereka anggap memuaskan kebutuhan mereka.
Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen antara lain adalah :
Menurut James F. Engel - Roger D.
Blackwell - Paul W-miniard dalam Saladin terdapat tiga faktor yang
mempengaruhi, yaitu :
Pengaruh Konsumen, terdiri dari budaya,
kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen
adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu
dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan
yang komplek, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor
tersebut diatas.
Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri
dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup dan
demografi. Perbedaan individu merupakan faktor internal yang menggerakan serta
mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku
konsumen dalam keputusannya.
Proses psikologis, terdiri dari pengolahan
informasi, pembelajaran, perubahan sikap, dan perilaku. Ketiga faktor tersebut
menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi
perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian.
2. Pemikiran
yang Benar tentang Konsumen
Konsumen adalah
Raja, Motivasi dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian. Perilaku
konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasif. Bujukkan dan pengaruh konsumen memiliki hasil
yang menguntungkan secara sosial. Bila keempat premis ini tidak dipakai, maka
konsekuensinya hampir selalu negatif.
3. Penelitian
Konsumen sebagai Suatu Bidang yang dinamis
Dalam kegitan ekonomi tentu kita
sering mengenal kata konsumen. Konsumen mempunyai keputusan untuk memiliki
barang yang hendak dibeli. Dalam perilaku konsumen kita dapat mengetahui
bagaimana cara konsumen memilih barang yang menjadi pilihan konsumen.
Penelitian Konsumen sebagai suatu
bidang yang dinamis yakni bahwa konsumen memiliki sifat berbeda-beda. Bahkan
seorang konsumen dapat berganti selera sesuai pola pikir, daya beli, maupun
rasa maka hal yang berubah dalam perilaku konsumen itu merupakan hal yang
wajar. Maka dari itu kedinamisan yang ada dari perilaku konsumen harus
disesuaikan oleh para produsen yang wajib menciptakan inovasi-inovasi baru
dalam menghasilkan barang.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar