Powered By Blogger

Rabu, 21 Desember 2011

Manusia dan Kebudayaan

Sebagai seorang manusia kita tidak bisa terlepas dari suatu kebudayaan. Seperti peribahasa “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijinjing”, yang mempunyai arti dimana kita berada disitu kita menjunjung tinggi adat kebudayaan masyarakat setempat.
Sebagian besar masyarakat Indonesia ada yang menjadikan kebudayaan sebagai pedoman kehidupannya, masyarakat Jawa juga mengenal istilah “Pamali” yaitu suatu hal yang jika dikerjakan akan menimbulakan kesialan/bala bahaya. Dari kebudayaan “Pamali” itu sebagian besar masyarakat Jawa menjadi hati-hati dalam mengerjakan sesuatu karena berpedoman pada budaya itu sendiri. Salah satu contoh dari kebudayaan pamali adalah tidak boleh menggunting kuku pada saat malam hari. Dikarenakan orang tua pada zaman dulu menganggap kalo menggunting kuku pada malam hari akan menyebabkan tidak mendapat rezeki keesokan harinya.
Di Indonesia sangat menjunjung tinggi kebudayaan, karena kebudayaan itu yang memeperkaya negeri ini. Mulai sari adat istadat, pakaian tradisional, hukum adat, makanan khas daerah masing-masing, tarian tradisional, dll.
Semua hal yg diabahas pada paragraf sebelumnya adalah kebudayaan tradisional, selain kebudayaan tradisional pada saat ini banyak sekali kebudayaang modern yang menjangkiti masyarakat luas. Kebudayaan yang dibawa oleh masyarakat asing, yang dominannya banyak diikuti oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari pemakaian teknologi yang canggih, pemakaian gaya bahasa, gaya hidup dan cara bergaul.Tidak sedikit pula dampak positif dan negatif dari kebudayaan modern dan tradisional tersebut.
Contoh dampak negatif dari kebudayaan tradisional adalah sesajen yang membuat sebagian masyarakat jawa mempercayakan kepercayaanya kepada hal-hal mistis terhadap nenek moyang keturunan keluarganya. Dampak positifnya adalah terjajaganya budaya warisan leluhur.
Contoh dampak negatif kebudayaan modern adalah adanya pergaulan bebas, pemakaian narkoba dan gaya hidup yang konsumtif. Dampak postifnya adalah kemajuan teknologi yang memungkinkan adanya kemajuan di segala bidang kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar